Wednesday, August 6, 2014

Tutorial Blender - Basic Compositing

Halo agan-agan semuanya? Hari ini gue bakal bikin lagi sebuah tutorial blender untuk compositing. Tutorial ini ditujukan untuk para newbie. Kenapa? Karena gue juga masih newbie untuk soal blender mah. Jadi kita sama-sama belajar ajalah ya, hehehe.

 Oke, langkah pertama adalah lo setel tuh blender nya (setel emangnya kaset?)
Bakalan muncul kayak gini nih defaultnya. Udah gitu klik di bagian combo box atas paling kiri, ganti modenya menjadi  mode Compositing.
Klik aja, nanti agan bakalan disuguhin tampilan yang beda dengan sebelumnya. Habis itu klik checkbox Use Nuodes biar muncul nodes defaultnya
 Habis itu agan klik panel yang kiri, yang ada tulisannya Render Layers, hapus aja dulu, pencet delete. Kita ganti dengan panel Image. Caranya klik menu Add -> Input -> Image
  
Cari gambarnya dengan klik Open. Agan cari gambar apa aja deh, bebas! Terserah, tapi kalo bisa sih gambar Kiky si kancil, hehehe.
 

 Habis gitu, agan tarik tuh nodenya dari yang bulet-bulet kuning output masuk ke  bulet-bulet kuning input. Terus pencet F12. Seharusnya udah muncul kayak gini.
 Gimana? Asyik kan? Ini baru basic. Sekarang kita akan coba tambah node baru. Klik aja Add -> Distrort -> Scale.
Terus agan atur deh posisinya kayak di bawah ini.  Lihat baik-baik. Secara dari panel Image nodenya nggak langsung ke panel Composite, tapi dilewatin dulu ke panel Scale. Atur nilainya kayak di gambar.
Gimana? Sekarang ukurannya jadi lebih kecil kan? Kalau agan biasa pake photoshop pasti kenal istilah Scale ini. Buat mengubah ukuran gambar. Oke, selanjutnya, tambahin lagi satu panel deh. Klik Add -> Color -> Color Balance.
Atur-atur warnanya suka-suka agan deh. Pokoknya kalo udah jangan lupa di save tuh gambarnya. Klik aja di menu Image -> Save Image. Lumayanlah, gitu-gitu juga pan hasil karya, hehehe.

 Udah ah, segitu tutorialnya. Jangan lupa like Kiky Si Kancil fan page ya. Awas lo kalau nggak, ntar gue kutuk jadi donat!


No comments:

Post a Comment

Tutorial Blender - Planet Saturnus

Halo sobat Blender? Piye kabare? Ketemu lagi dengan saya dosen geje tukang melihara kancil. Tutorial ini dibuat untuk menjawab mas novel09 ...