Thursday, November 15, 2012

Tutorial Blender - Hello World 01

Sebelum memulai turoial ini, yang pertama harus lo lakuin adalah download blender dan install aja. Gue sih pake blender 2.63. Nggak tahu deh sekarang dah versi berapa. Terus lo jalanin Blendernya. Yang muncul secara default adalah seperti ini.
Nah, dalam tutorial Hello World 01 ini, gue bakal ngasih tahu salah satu siklus blender mulai dari awal banget sampai rendering image. Tapi sebelum itu, kita mesti familiar dulu nih sama setingan Blender.
Blender tuh aplikasi ajaib. Karena windowsnya bisa digeser2 dan jadi kembar. Khas aplikasi 3D memang. Tapi sumpah ajaib. Gue aja sampai sekarang masih takjub. Maklum, gue aslinya programmer. Jadinya super penasaran, gimana caranya bikin viewportnya bisa duplikat semudah itu? Codingnya kayak apa sih? Ah, tapi kita bukan ngebahas itu kan? Hehehe, jadi ngebahas yang aneh2.

Nah, lo liat panah kecil di pojok kanan atas? Drag aja bos! Windownya jadi 2 pan? Kenapa jendelanya mesti lebih dari 1? Ini pentin soalnya kita main di 3 Dimensi. Jadi pelu jendela tambahan buat lihat sisi lain dari objek yang lagi kita garap. Tarik lagi ke kiri bagian splitnya biar menunya ga ngikut2, kan jadi rapi tuh?
Nah, sekarang kita akan bermain2 sebentar dengan jendela blender.

 Masing-masing jendela blender bisa nampilin berbagai sisi dari kubus yang sudah ada. Kalo lo pencet tombol 1, 2, 3 dan seterusnya (yang di numpad, bukan yang di atas huruf2) lo bakalan liat kalao tampilan kamera akan berpindah2 kaya di atas. Bisa tampak depan, tampak kanan, tampak atas, dan lainya. Buat liat semuanya namanya tampak prespektif.

Sekarang, hapus dulu deh kubusnya. Tinggal pencet delete doang.

Habis itu lo tambahin deh si Suzzane. Caranya klik Menu ADD --> MESH --> MONKEY (buat yang ga tahu menu Add ada di mana, menu itu ada di bagian atas sebelah kanan menu File). Muncul deh kayak gini: 

Di dalam Blender, Suzzane adalah sebuah mesh default layaknya teapot di program 3D lainnya. 
Dan sebelum kelupaan, kita atur window rendernya ke New Window biar ga numpuk di Viewport. Tuh, kllik gambar kamera dan pilih New Window. Kalau udah, sekarang kita bakal warnain si Suzzane Caranya, lo tarik tuh panel bagian kanan dan cari tulisan Material. Yang gambarnya bulet. Terus klik Add, dan lik New terus klik panel kosong putih di bawah tulisan Diffuse dan cari deh warnanya yang cocok. 

Kalau warnanya udah selesai, lo tinggal pilih render image. Klik lagi tombol kamera dan klik Image. 

Tadaaa! Akhirnya selesai juga deh, monyet 3D pertamamu! Eh, tapi kenapa tampilannya kayak gini? Karena memang kameranya ada di atas. Gue males jelasin kameranya lo pikir aja sendiri deh. Terus kalo monyenya mau lo puter2, klik dulu salah satu Axis (lo ga tahu lagi axis apaan? Pokoknya klik aja deh salah satu panah yang ijo, biru, merah itu. Itu jadi patokan objeknya mau lo puterin ke mana), terus pencet R. Atau bisa juga pake menu Rotate Manipulator.

 Terus kalo udah nemu sudut yang pas, lo render lagi aja. Kayak gini:
Tadaaa! Akhirnya selesai juga deh, monyet 3D pertamamu! Eh, kok gambarnya kasar ya? Oalah, ada yang kelupaan. Shadingnya belum di smooth, masih flat tuh! Klik dulu smooth, baru render lagi. 

Tadaaa! Akhirnya selesai juga deh, monyet 3D pertamamu! Dan dalam tutorial ini gue nulis Tadaaa 3 kali, hahaha. Sampai jumpa lagi di tutorial selanjutnya.








2 comments:

  1. Salam kenal mas rickman. Mau tanya nih....lanjutan tutorial blender sdh ada?

    ReplyDelete
  2. Kenapa gak sekalian tambah rambut aja gan

    ReplyDelete

Tutorial Blender - Planet Saturnus

Halo sobat Blender? Piye kabare? Ketemu lagi dengan saya dosen geje tukang melihara kancil. Tutorial ini dibuat untuk menjawab mas novel09 ...